Kamis, 01 Oktober 2015

LOGOTYPE DESIGN PROJECT


Hai Guys . .
Bagi kalian yang merupakan anak DKV atau Desain Komunikasi Visual pasti belajar mengenai logo kan. Bagi kalian yang bingung mengenai pengertian logo karena banyak sekai pengertiannya, disini saya meringkas pengertian logo secara umum. Saya juga melampirkan beberapa contoh logo yang pernah saya buat semasa kuliah dan kerja. Semoga bermanfaat ya buat kalian. ^o^



PENGERTIAN LOGO 


Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, organisasi, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya. (wikipedia)



Logo dapat diartikan juga sebagai suatu identitas dari suatu perusahaan, produk, atau lembaga tertentu untuk membedakannya dari perusahaan atau produk sejenis serta sebagai citra dari perusahaan atau produk tersebut.



Orisinalitas merupakan syarat terpenting dalam membuat logo. Logo juga harus memiliki konsep dan makna yang berkaitan dengan perusahaan atau produk tersebut.


Dalam dunia desain ada tahapan dalam pembuatan logo secara umum diantaranya :



Dalam membuat logo kita juga harus mengetahui apa saja prinsip logo yang harus diterapkan pada desain logo kita nantinya. Semua orang bisa membuat logo, namun yang membedakan anak Desain Grafis atau Komunikasi Visual ialah dalam mendesain apapun baik itu logo ataupun hanya sekadar layout, hal yang paling utama adalah " KONSEP ". Karena yang akan kita jual bukanlah sekadar gambar logo saja, namun yang kita jual ialah KONSEP atau GAGASAN IDE kita. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui apa saja prinsip-prinsip dalam logo yang harus kita terapkan, yaitu :

1. KESEDERHANAAN  
     
    Mengapa “kesederhanaan” sangat penting ? Sebab, dengan mendesain logo secara sederhana, maka logo akan lebih mudah dikenali, lebih mudah diaplikasikan dalam berbagai medium, dan tak mudah dilupakan.

2. KESAN YANG MENDALAM 

   Desain logo yang efektif haruslah mudah diingat, dan hal ini dapat dicapai dengan memiliki logo yang mengandung pesan yang sesuai.

3. KEABADIAN 

    Desain logo yang baik haruslah abadi dan tidak dimakan usia.

4. MUDAH DIAPLIKASIKAN

    Logo yang efektif harus mampu menonjol di berbagai media dan aplikasi. Logo harus fungsional.  

5. TEPAT SASARAN 

    Desain logo yang baik harus sesuai dengan tujuan yang ingin disampaikan oleh pemiliknya dan sesuai dengan fungsi utama logo yaitu sebagai identitas. 


      Demikian sekilas mengenai logo, semoga dapat bemanfaat bagi yang membaca. Terima Kasih ^o^

 

1 komentar: